Obat Salep Kutil Kelamin Di Apotik

Obat Salep Kutil Kelamin Di Apotik - Penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata dalam istilah lain disebut jengger ayam merupakan penyakit yang amat biasa terjadi akhir-akhir ini. Perlu kalian ketahui penyebab semakin banyaknya seseorang terkena penyakit ini adalah karena makin maraknya seks bebas. Jaman telah semakin kacau, pergaulan semakin bebas.Penyekit kutil kelamin sendiri acap kali disebut dengan Penyekit Menular Seksual (PMS) sebab penularannya paling banyak melewati kekerabatan seksual.

Dari gejala yang anda rasakan saat ini merupakan sebuah hal yang wajar terjadi, risiko hal yang demikian ada karena beberapa unsur diantaranya sebab kebersihan dan hubungan seksualitas yang menyimpang. Seandainya mempunyai gejala seperti tumbuh kutil di area luar dan dalam miss v atau organ intim wanita yang berbentuk daging lebih atau lazim disebut dengan kutil kelamin itu yakni penyakit kelamin yang bisa menyerang bagus laki-laki atau wanita.

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin ialah salah satu variasi infeksi menular seksual yang dianggap umum terjadi. Keadaan ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari seratus jenis virus HPV, tapi tidak semuanya menyebabkan Tumbuh Kutil Di Kelamin. Hanya sekitar 40 tipe saja yang ditularkan melalui kontak seksual. Dan sekitar 90 persen kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV jenis 6 dan 11. Sesudah masuk ke tubuh, virus HPV akan berdiam di dalam sel dan memperbanyak diri. Sesudah itu, virus akan keluar dari sel inang dan menyerang sel lain yang sehat.Baca Juga : obat kutil kelamin

Tidak segala jenis HPV menyebabkan kutil kelamin, sebagian tipe HPV menyebabkan kutil pada komponen lain dari kulit, seperti tangan. Kebanyakan penderita Kutil Kelamin tidak mempunyai gejala, seandainya saja terdapat gejala HPV bisa menyebar ke daerah di dalam, di dinding vagina dan leher rahim. Mereka tak gampang untuk mengamati tanpa prosedur khusus.

Infeksi HPV menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual yang melibatkan dubur, mulut, atau Miss V. Anda bisa menyebarkan kutil sekalipun kutil tidak nampak oleh anda. Anda tak dapat melihat kutil selama 6 minggu hingga 6 bulan setelah terinfeksi atau bahkan mungkin tak mengamati mereka selama bertahun-tahun. Penerapan kondom bisa menjadi langkah minimal untuk melindungi kita dari kutil kelamin, sedangkan alat kontrasepsi ini tidak sepenuhnya menutupi kulit area genital.



Unsur Penularan Kutil Kelamin

faktor utama penularan penyakit kutil kelamin atau dalam istilah kedokteran disebut dengan kondiloma akuminata. Ada beberapa hal, diantaranya sbb :

Via Hubungan Seksual

Hubungan seksual merupaka penyebab utama penularan penyakit yang satu ini. Itulah sebabnya penyakit ini disebut dengan penyakit menular seksual. Kalau Anda tak berkeinginan tertular penyakit ini maka setialah terhadap satu pasangan.

Tinggal Bersama Dengan Penderita Kutil Kelamin

Memang tidak terlalu beresiko seperti dikala berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin. Tapi apabila Anda tingga bersama orang yang menderita penyakit kutil kelamin, maka resikonya akan cukup besar untuk tertular. Lewat ini umumnya diakibatkan karena memakai barang secara bersama, seperti handuk, baju, atau kamar mandi yang diterapkan bersama.

Akibat Jarum Suntik

Jarum suntik yang digunakan bersama dapat menjadi salah satu faktor penularan. Selain agar lebih aman hindarilah mengkonsumsi barang haram, seperti narkoba. Kecuali itu jika berobat kedokter mintalah untuk menggunakan jarum suntik yang baru dan masih steril.

Pada biasanya, wujud kutil nampak ke atas seperti bulatan yang mempunyai permukaan kasar. Kecuali menyerupai bulatan kasar, ada juga yang tampak memanjang dan tipis. Kutil juga dapat berkembang di telapak kaki yang berlubang di tengah yang di sekitarnya dikelilingi kulit yang mengeras. Diameter kutil bisa berkisar antara 0,1 sampai 1 sentimeter, kutil dapat terdapat di tangan atau dibawah permukaan kaki. Dampak begitu, kutil bisa muncul di permukaan kulit mana malah.

Komplikasi Beberapa Kutil Kelamin

Kanker 

Kanker servik telah dikaitkan erat dengan infeksi HPV genital. Tidak variasi HPV juga terkait dengan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker mulut dan tenggorokan.

Kondiloma akuminata bisa menyebabkan situasi sulit selama kehamilan. Kutil bisa menjadi besar, sehingga sulit untuk buang air kecil. Pada dinding Miss V dapat mengurangi kemampuan jaringan Miss V untuk meregang ketika melahirkan. Kutil besar di vulva atau di organ intim wanita bisa berdarah saat meregang ketika melahirkan. Bayi yang lahir dari ibu dengan kutil kelamin bisa mempunyai kutil di tenggorokannya. Bayi mungkin membutuhkan pembedahan untuk memastikan atau trek napasnya tidak tersumbat oleh kutil.



Pencegahan Kutil Kelamin

Tidak mempunyai kontak seksual yaitu satu-satunya cara untuk menghindari tumbuh kutil di kelamin dan Infeksi Menular Seksual yang lain. Anda juga dapat menurunkan kans Anda untuk mendapatkan IMS dengan mempunyai relasi seksual dengan satu pasangan yang Anda tahu yaitu bebas penyakit. Kondom tak dapat sepenuhnya melindungi Anda dari risiko terinfeksi kutil kelamin, hal ini sebab virus atau kutil bisa pada kulit di dekatnya. Kondom mengurangi resiko Anda dan Anda masih harus menggunakannya setiap dikala. HPV dapat ditularkan dari orang ke orang malah saat tidak ada kutil/daging nampak atau gejala lainnya. Mempraktekkan seks yang lebih aman dapat membantu mencegah Anda dari menerima HPV. Baca Juga : obat kutil kelamin

Tak hal yang benar-benar di anjurkan yakni salah satunya menghindari sebagian variasi makanan guna menolong pengerjaan pengobatan agar lebih tepat sasaran. Tidak makanan yang diperlu dilihat dan dihindari yaitu diantaranya :

Seluruh ragam daging, secara khusus daging kambing & babi.
Ayam broiler,dan semua macam telur.
Semua tipe Ikan, terutama ikan asin, tongkol, bandeng, udang, kepiting, cumi, dan seafood.
Sayuran kobis dan mentimun.
Minuman, Kopi, susu, dan minuman bersoda atau memabukkan.
Mie Instan.

Obat Kutil Kelamin Di Apotik

1. Imiqumoid (Aldara, Zyclara)

Krim ini dipakai untuk meningkatkan kecakapan sistem imun untuk melawan kutil kelamin. Bagian, krim Imiquimod mesti dioleskan sehari sekali sebelum tidur atau tiga kali seminggu selama kurang lebih 16 pekan. Lamanya pengobatan tergantung pada keparahan situasi penyakit. Selain kelamin yang diolesi krim ini harus dicuci dengan sabun dan air 6 hingga 10 jam setelah penerapan.

Penting untuk diingat, hindari kontak seksual saat krim masih melekat di kulit Anda sebab bisa melemahkan kekuatan bendung kondom, baik kondom laki-laki maupun kondom perempuan. Kecuali itu, jika krim ini menempel di kulit kelamin pasangan Anda maka bisa memunculkan respons iritasi. Sekiranya Anda menderita kutil kelamin dikala hamil, langsung konsultasikan ke dokter karena krim ini belum teruji aman untuk wanita hamil.

Efek samping: Kecuali peradangan lokal termasuk kemerahan, iritasi, kutil kelamin mengeras seperti kapalan dan luka. Kulit di sekitar kelamin juga mungkin akan mengalami hipopigmentasi atau warna yang lebih jelas dari warna kulit dampak berkurangnya melanin. Efek samping lainnya yakni nyeri pada sebagian bagian tubuh, batuk, dan merasa lelah.

2. Sinechatechin (Veregen)

Salep ini diterapkan untuk pengobatan kutil kelamin eksternal dan kutil yang berada di sekitar dubur. Salep Sinecatechin mengandung ekstrak teh hijau yang kaya akan katekin di dalamnya. Pasien diharuskan untuk mengoleskannya sebanyak tiga kali sehari dengan jari. Produk ini tidak boleh diterapkan lebih lama dari 16 minggu.

Salep ini sebaiknya tak dicuci setelah dioleskan ke kulit. Anda mesti menghindari kontak seksual baik genital, anal, atau oral jika salep masih menempel di kulit. Sama seperti Imiqumoid, obat ini bisa melemahkan kekuatan tahan kondom baik kondom laki-laki maupun kondom perempuan.

Salep ini tidak disarankan untuk orang dengan HIV, orang yang mempunyai cara kekebalan tubuh yang lemah, dan orang dengan herpes genital karena keampuhannya belum teruji secara medis. Kecuali itu, belum ada jaminan bahwa salep ini aman diaplikasikan selama kehamilan.

Efek samping: Kemerahan pada kulit, rasa gatal, terbakar, dan nyeri. Anda juga akan menikmati ruam yang berair, edema, dan kulit kelamin yang mengeras seperti kapalan.

3. Podofilox

Podofilox yakni obat kutil kelamin yang dialamatkan untuk menghancurkan kutil. Bagian harganya relatif murah namun aman dan mudah dipakai. Podofilox terdiri dari dua variasi, adalah gel dan larutan. Larutan Podofilox wajib dioleskan dengan kapas ke bagian kutil. Konsentrasinya gel Podofilox bisa Anda oleskan dengan jari. Kekeliruan ini bisa Anda aplikasikan sebanyak dua kali selama tiga hari berturut-turut dan dilanjutkan dengan empat hari tanpa terapi lainnya.

Siklus ini bisa diulang, sekiranya perlu, sampai empat siklus. Luas kutil total yang diobati tak boleh melebihi 10 cm dan volume totalnya seharusnya dikontrol 0,5 ml per harinya. Anda semestinya mengonsultasikan ke dokter untuk menanyakan penerapan yang pas dan aman.

Perlu diingat juga, Podofilox tak disarankan untuk pemakaian pada kutil di area servik, Miss V, dan anus. Podofilox juga tidak disarankan untuk penerapan pada zona yang luas.

Efek samping : 

Anda mungkin akan menikmati nyeri dengan intensitas ringan sampai sedang. Anda juga kemungkinan akan mengalami iritasi pada komponen yang diobati. Sama seperti obat kutil kelamin lainnya, obat ini belum terbukti aman untuk digunakan selama kehamilan.


Pengobatan kutil kelamin di dokter

1. Podophyllin

Podophyllin yaitu resin berbasis tanaman yang menghancurkan jaringan kutil kelamin. Semua umumnya berkisar 10 sampai 25 persen. Kesalahan ini sepatutnya dioleskan pada tiap kutil di area kelamin Anda dan dibiarkan mengering sebelum area tersebut bersentuhan dengan pakaian. Area dalam penggunaan bisa menyebabkan iritasi dan kegagalan pengobatan.

Oleh sebab itu, lazimnya obat ini tak dipakai sendiri, tapi dengan bantuan dokter atau petugas medis. Pengobatannya dapat diulang setiap pekan, jikalau dibutuhkan. Segala kembali pada kondisi penyakit dan rekomendasi dari dokter yang menangani Anda. Untuk menghindari risiko komplikasi imbas kesalahan pengaplikasian, ada beberapa petunjuk yang perlu dicontoh, merupakan:

Walhasil wajib dibatasi yakni, kurang dari 0,5 ml setiap penerapan.
Tidak penggunaan tidak ada lesi atau luka terbuka.
Tidak yang diobati sepatutnya dicuci bersih dengan air dan sabun setelah 1-4 jam penerapan sesuai saran dokter untuk mengurangi iritasi yang mungkin terjadi.
Podophyllin berlum teruji aman dipakai oleh wanita hamil. Sehingga dibutuhkan konsultasi lebih lanjut ke dokter pakar.

2. Asam trikoloasetat (TCA) atau asam bikloroasetat (BCA) 80–90%

Asam trikloroasetat (TCA) atau asam bikloroasetat 80-90 persen merupakan pengobatan kimia yang bekerja dengan menghancurkan kutil melalui pembekuan protein secara kimia. Larutan TCA memiliki viskositas rendah yang sebanding dengan air dan dapat menyebar dengan kencang apabila digunakan secara berlebihan. Apabila, obat ini justru dapat merusak jaringan sehat yang berdekatan dengan kutil kelamin.

Dokter lazimnya cuma mengoleskan sedikit saja pada kutil yang ada di zona genital Anda dan diperbolehkan hingga mengering supaya tak menyebar ke bagian lainnya. Pengobatan bisa diulangi tiap minggu jika dibutuhkan disesuaikan dengan situasi. Tak seperti obat lainnya, TCA dan BCA ternyata aman serta tepat sasaran diaplikasikan untuk wanita hamil.

Efek samping : 

Anda mungkin akan menikmati nyeri yang sungguh-sungguh hebat. Tetapi, situasi ini dapat dinetralisir dengan sabun cair atau sodium bikarbonat. Jika jumlah asam yang dioleskan berlebihan, area yang diobati patut dinetralisir dengan bedak atau sodium bikarbonat, contohnya baking soda, untuk menghilangkan reaksi asam.

Anda semestinya selalu mengonsultasikan pada dokter untuk tiap pengobatan yang dijalankan. Jangan sekali-kali membeli obat bebas tanpa resep dokter sebab berisiko memperburuk kondisi. Jangan lupa untuk meminta penjelasan pada dokter mengenai sistem pemakaian yang tepat supaya kutil dapat terobati secara optimal.

Penyakit Kulit Kelamin memang kedatangan umumnya juga disambut dengan demam, rasa tak nyaman dalam aktifitas, terutama kalau terjadi pada komponen Kelamin. Lakukan Pola dan Gaya Hidup yang sehat selama dan sesudah masa pengobatan.